Minggu, 15 November 2015

4 Ciri usaha yang menjanjikan

Usaha yang menjanjikan itu adalah usaha yang bertahan dari perubahan zaman bahkan bisa tetap unggul.Zaman modern yang bersifat dinamis memaksa para pengusaha untuk memutar otaknya, berfikir kreatif, dan berinovasi supaya product nya bisa selalu digemari oleh para konsumennya.

Sebenarnya usaha yang menjanjikan itu tergantung dari sikap para owner nya, meskipun anda punya product yang tergolong up to date, tetapi anda kalah bersaing dengan pesaing, maka usaha anda bukan tergolong yang menjanjikan, oleh karena itu saya hanya akan memaparkan bagaimana seorang pengusaha untuk mengolah usahanya supaya bisa terus bertahan dan berkembang :

1.Selalu melakukan riset pasar dengan rutin

Perubahan sikap orang itu selalu tanpa aba-aba, bila sekarang banyak yang menyukai product A mungkin bisa saja besoknya banyak yang menyukai product B, maka dari itu ada baiknya anda mempunyai tim riset sendiri, kalau anda masih start up anda bisa bikin jadwal buat anda yang riset langusng sekarang kalau anda mau riset pasar tidak harus langsung terjun ke lapangan, anda bisa mencari data-data nya lewat internet bisa lewat detik, kompas,dll.Cari tahu apa yang lagi trend sekarang, supaya product anda tidak ketinggalan zaman.Anda mungkin pernah lihat bagaimana perusahaan besar melakukan riset pasarnya dengan cara memberikan product baru nya secara cuma-cuma di pasar tradisiona, atau bahkan di pinggiran jalan.Minimalnya anda melakukan riset 1 kali dalam 1 bulan.

2.Kemas product anda sesuai dengan target market anda,

bila target market anda adalah ibu rumah tangga mereka tidak akan terlalu melihat pada kemasannya bisa jadi mereka hanya lihat dari segi  harga, atau kegunaan.Yang saya maksudkan kemasannya disini bukan sekedar dari cara anda mengemas product tapi bagaimana cara anda mengemas product sehingga menjadi daya tarik dari konsumen anda.

3.Membangun keunggulan minimal satu tingkat dari pesaing anda

Bila pesaing anda mebuat program beli satu gratis satu, anda bisa membuat program beli satu dapat dua, bila pesaing anda membuat program beli dua dapat tiga, anda bisa membuat diskon misalkan 20% apabila beli dua dengan perhitungan anda memberi perbedaan selisi  1000 lebih murah dari pesaing anda.Karena para pembeli akan memperhitungkan keuntungan pembelian pada product yang sama sekecil apapun. Bila anda banyak memberi pada pembeli anda mereka pun akan memberi banyak hal pada anda, bisa saja mereka menjadi pelanggan tetap dan percaya pada anda.

4.Utamakan kualitas

Sekalipun harga product anda sedikit mahal tapi dengan kualitas yang jauh lebih baik dari pesaing anda mereka dipastikan akan lebih memilih product anda, karena setiap orang mempunya emosi ingin selalu puas lebih dari uang yang akan mereka keluarkan.Bila anda berfkir bahwa kebanyakan orang selalu ingin harga yang lebih murah, anda tidak salah!, cuman saya tidak yakin bahwa konsumen anda akan membeli product yang sama di kedua kalinya, bisa saja mindset mereka berubah tentang "harga murah" setelah tahu bahwa yang harganya murah itu ternyata murahan.Yang penting harus anda ingat jangan sampai menjual barang murah dengan harga yang mura dengan mengatakan pada konsumen anda Harganya saja mahal bu/pa pasti kualitasnya terjamin!! dalih yang seperti itu salah besar, karena di perkataan itu ada unsur penipuan, anda menjadikan harga mahal sebagai jaminan bahwa barang anda berkualitas.Sekecil apapun kebohongan tidak akan mendatangkan kemaslahatan.

Demikian yang saya tuliskan itu tidak lepas dari pengalaman saya sebagai penjual karena bisa bertahannya usaha itu dari kegiatan menjualnya di dalam menjual ada unsur muamalah. Muamalah yang baik akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar, baik itu berupa pahala atau materi.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com